Karimun Club Indonesia Forum
karimun saya kok boros ya??? - Printable Version

+- Karimun Club Indonesia Forum (http://forum.karimunclub.org)
+-- Forum: Technical Talks (/forumdisplay.php?fid=16)
+--- Forum: Engine (/forumdisplay.php?fid=17)
+--- Thread: karimun saya kok boros ya??? (/showthread.php?tid=216)


karimun saya kok boros ya??? - b4716rg - 03-08-2009 12:15 AM

bro atau sis, mau tanya nh. Saya ada karimun tahun 2003. Tp baru jalan 22 ribu. kok bensinny agak boros ya. Dalem kota cuma 1 : 8. Apa benar karena mesinnya masih berat ya?

mohon petunjuknya....


RE: karimun saya kok boros ya??? - marzy - 03-08-2009 12:44 AM

(03-08-2009 12:15 AM)b4716rg Wrote:  bro atau sis, mau tanya nh. Saya ada karimun tahun 2003. Tp baru jalan 22 ribu. kok bensinny agak boros ya. Dalem kota cuma 1 : 8. Apa benar karena mesinnya masih berat ya?

mohon petunjuknya....

bgini ya om.
saya jg punya karimun taun 2000 waktu pertama beli 1:10, boros kan utk ukuran mobil city car 1000cc?
sy pake pengirit bbm yg d jual dipasaran + coil booster, trs mumun di tune-up ulang + ganti busi juga (busi std).
(ngomong aja ke si tukang bengkel, "ini mobil boros, minta di tune up biar jd irit")
alhamdullilah, skrg bisa 1:13 d dlm kota.
Big Grin

gw ada tips utk menghemat bbm:

EKSTERNAL
1. Tekanan Ban
Pastikan tekanan ban kendaraan dalam kondisi optimal, tidak kurang tapi juga tidak berlebihan (sesuaikan dengan kondisi beban). Sehingga gesekan antara permukaan ban dengan jalan dapat berkurang.

2. Suhu Mesin Ideal
Jangan jalankan mesin dalam kondisi dingin hingga benar-benar tercapai suhu ideal. Mesin mobil bekerja secara optimal pada suhu yang cukup tinggi. Jika mesin bekerja pada suhu yang rendah akan membuat komponen mesin cepat mengalami kerusakan, detonasi, membuat polusi dan boros bahan bakar.

3. Gunakan Oli yang Sesuai
Gunakan oli yang sesuai dengan mesin anda, sehingga komponen mesin yang bergerak di dalamnya terlumasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengganti oli sesuai waktu. Untuk Karimun yang direkomendasi dari pabrik adalah SAE10W-40. Soal merek itu cocok-cocokan.

Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim

4. Servis Rutin dan Uji Emisi
Servis rutin di bengkel resmi serta melakukan tune-up dapat menjaga kesehatan Karimun anda, karena jika ada parts yang sudah akan rusak dapat segera terdeteksi. Jangan lupa juga untuk melakukan uji emisi, sehingga dapat diketahui pembakaran bahan bakar yang optimal.

INTERNAL
1. Injak Pedal Gas Perlahan
Untuk menambah kecepatan, injak pedal gas perlahan-lahan, sesuaikan dengan putaran mesin, sehingga bahan bakar yang digunakan optimal dengan pembakaran di ruang mesin.

2. RPM Optimal
Untuk jalan dalam kota yang lebih sering macetnya, gunakan RPM optimal untuk masing-masing gigi perseneling. Untuk di Karimun sebaiknya pindah perseneling lebih tinggi setelah RPM menyentuh 3000 RPM.

3. Gunakan persneling yang sesuai
Jangan paksakan kendaraan anda untuk berjalan pelan dalam kemacetan atau berjalan dari kondisi berhenti dengan gigi lebih tinggi dengan dalih untuk mencapai RPM rendah, karena sesungguhnya hal itu membenani mesin. Begitu juga sebaliknya pada kecepatan tinggi.


klo masih boros jg, coba aja beli pengirit bensin yang ada di pasaran ataw coba produk2 octane booster.
octane booster merk tertentu biasanya mengandung zat-zat yang bs ngebersihin mesin & saluran bensin, sehingga otomatis bs jd lebih irit.
di baca aja di kemasannya
hehehe.
oia, klo maw bli pengirit bensin, cari yg udh teruji (merk nya ngetop).
jgn yg asal2an..

hehehhehehe.


let's try!
Wink


RE: karimun saya kok boros ya??? - iyang - 03-08-2009 07:41 AM

Sepertinya kalo odometer baru 22rb dengan kosumsi bahan bakar 1:8 tentunya ada faktor yang kurang beres... coba tune up dulu saja... kalo city car ini agak rakus bahan bakar sepertinya emang iya... (kalo saya hitung2 memang pemakaian dalkot rata2 1:11) secara cc cukup kecil dan membutuhkan tenaga cukup extra buat menggerakan kompresor AC yang notabene hampir 25% atau malah juga lebih membebani mesin. Nah...RPM pun akan selalu lebih menjulang dari pada kendaraan yang memiliki kapasitas lebih besar,dan ratio gear box yang dipakaipun relatif lebih rapet....


RE: karimun saya kok boros ya??? - b4716rg - 03-09-2009 01:03 AM

Mungkin sebenernya ini mobil agak sensitif dengan cara bawa mobil ya. 1:8 bukan bearti selalu seperti itu. 1:8 di dapat saat jalanan jakarta crowded dan banyak stop & go. Klo lancar bisa lah sampe 1:10 dan klo nyetirnya super rapi bisa sampe 1:12. Tapi mana tahan juga ya klo harus rapi banget. Mungkin karimun saya uda saatnya setting ulang ya.

Btw, coil booster tuh apa ya? fungsinya apa dan harganya berapa?

thanks


RE: karimun saya kok boros ya??? - yonski - 03-09-2009 08:26 PM

Menurut saya emang itu lah 'trade off'-nya pake Mumun Classic. Secara cuman 1000 cc dan karbu pula. Emang sangat tergantung sama driving style. Tapi itu semua terkompensasi dengan karakteristik mesin yang bandel, nggak ngerongrong, juga suku yang cadang super murah dan mudah dicari...


RE: karimun saya kok boros ya??? - b4716rg - 03-09-2009 11:48 PM

(03-09-2009 08:26 PM)yonski Wrote:  Menurut saya emang itu lah 'trade off'-nya pake Mumun Classic. Secara cuman 1000 cc dan karbu pula. Emang sangat tergantung sama driving style. Tapi itu semua terkompensasi dengan karakteristik mesin yang bandel, nggak ngerongrong, juga suku yang cadang super murah dan mudah dicari...

Betul bro. MEsinnya bandel bgt. Uda gitu stabil juga ya.


RE: karimun saya kok boros ya??? - speedymun - 03-10-2009 09:55 AM

(03-08-2009 12:15 AM)b4716rg Wrote:  bro atau sis, mau tanya nh. Saya ada karimun tahun 2003. Tp baru jalan 22 ribu. kok bensinny agak boros ya. Dalem kota cuma 1 : 8. Apa benar karena mesinnya masih berat ya?

mohon petunjuknya....

coba sering2 diajak "olah raga" mobilnya Oom....
biar keringat "kerak2 ruang bakar" kebilas keluar
good luck


RE: karimun saya kok boros ya??? - b4716rg - 03-10-2009 11:41 AM

[/quote]

coba sering2 diajak "olah raga" mobilnya Oom....
biar keringat "kerak2 ruang bakar" kebilas keluar
good luck
[/quote]
maksudnya sering dipake ya.... Karimun saya sh emang jarang dipake. Sebulan sekali sh. hehehehhe.....


RE: karimun saya kok boros ya??? - hendywidodo - 03-10-2009 12:04 PM

Di-gurah aja om, kaya' punya saya. Kapan ntar mau ganti oli, sebelumnya di-carbon clean dulu. Bisa pakai xado (tuang) atau g'zox (semprot). Kalau mau, flush engine (pakai xado juga bisa). Terus ganti oli. Karimun saya umur 5 tahun, km 48 rebuan, sekarang jadi 1 liter premium untuk 13an km. Udah treatment xado engine, sekarang sering gak sadar kalo mesin sudah hidup...nyaris tak terdengar....


RE: karimun saya kok boros ya??? - speedymun - 03-11-2009 11:40 AM


coba sering2 diajak "olah raga" mobilnya Oom....
biar keringat "kerak2 ruang bakar" kebilas keluar
good luck
[/quote]
maksudnya sering dipake ya.... Karimun saya sh emang jarang dipake. Sebulan sekali sh. hehehehhe.....
[/quote]

nah ini dia...., bensin buat panasin mesinnya lebih banyak daripada bensin buat jalan beneran....
coba Oom, kalo panasin mesin, roda depannya didongkrak dan masuk gear 1 aja.
pasti irit deh....
good luck


RE: karimun saya kok boros ya??? - b4716rg - 03-11-2009 08:39 PM

(03-08-2009 12:44 AM)marzy Wrote:  
(03-08-2009 12:15 AM)b4716rg Wrote:  bro atau sis, mau tanya nh. Saya ada karimun tahun 2003. Tp baru jalan 22 ribu. kok bensinny agak boros ya. Dalem kota cuma 1 : 8. Apa benar karena mesinnya masih berat ya?

mohon petunjuknya....

bgini ya om.
saya jg punya karimun taun 2000 waktu pertama beli 1:10, boros kan utk ukuran mobil city car 1000cc?
sy pake pengirit bbm yg d jual dipasaran + coil booster, trs mumun di tune-up ulang + ganti busi juga (busi std).
(ngomong aja ke si tukang bengkel, "ini mobil boros, minta di tune up biar jd irit")
alhamdullilah, skrg bisa 1:13 d dlm kota.
Big Grin

gw ada tips utk menghemat bbm:

EKSTERNAL
1. Tekanan Ban
Pastikan tekanan ban kendaraan dalam kondisi optimal, tidak kurang tapi juga tidak berlebihan (sesuaikan dengan kondisi beban). Sehingga gesekan antara permukaan ban dengan jalan dapat berkurang.

2. Suhu Mesin Ideal
Jangan jalankan mesin dalam kondisi dingin hingga benar-benar tercapai suhu ideal. Mesin mobil bekerja secara optimal pada suhu yang cukup tinggi. Jika mesin bekerja pada suhu yang rendah akan membuat komponen mesin cepat mengalami kerusakan, detonasi, membuat polusi dan boros bahan bakar.

3. Gunakan Oli yang Sesuai
Gunakan oli yang sesuai dengan mesin anda, sehingga komponen mesin yang bergerak di dalamnya terlumasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengganti oli sesuai waktu. Untuk Karimun yang direkomendasi dari pabrik adalah SAE10W-40. Soal merek itu cocok-cocokan.

Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim

4. Servis Rutin dan Uji Emisi
Servis rutin di bengkel resmi serta melakukan tune-up dapat menjaga kesehatan Karimun anda, karena jika ada parts yang sudah akan rusak dapat segera terdeteksi. Jangan lupa juga untuk melakukan uji emisi, sehingga dapat diketahui pembakaran bahan bakar yang optimal.

INTERNAL
1. Injak Pedal Gas Perlahan
Untuk menambah kecepatan, injak pedal gas perlahan-lahan, sesuaikan dengan putaran mesin, sehingga bahan bakar yang digunakan optimal dengan pembakaran di ruang mesin.

2. RPM Optimal
Untuk jalan dalam kota yang lebih sering macetnya, gunakan RPM optimal untuk masing-masing gigi perseneling. Untuk di Karimun sebaiknya pindah perseneling lebih tinggi setelah RPM menyentuh 3000 RPM.

3. Gunakan persneling yang sesuai
Jangan paksakan kendaraan anda untuk berjalan pelan dalam kemacetan atau berjalan dari kondisi berhenti dengan gigi lebih tinggi dengan dalih untuk mencapai RPM rendah, karena sesungguhnya hal itu membenani mesin. Begitu juga sebaliknya pada kecepatan tinggi.


klo masih boros jg, coba aja beli pengirit bensin yang ada di pasaran ataw coba produk2 octane booster.
octane booster merk tertentu biasanya mengandung zat-zat yang bs ngebersihin mesin & saluran bensin, sehingga otomatis bs jd lebih irit.
di baca aja di kemasannya
hehehe.
oia, klo maw bli pengirit bensin, cari yg udh teruji (merk nya ngetop).
jgn yg asal2an..

hehehhehehe.


let's try!
Wink

(03-11-2009 11:40 AM)speedymun Wrote:  
(03-10-2009 11:41 AM)b4716rg Wrote:  

coba sering2 diajak "olah raga" mobilnya Oom....
biar keringat "kerak2 ruang bakar" kebilas keluar
good luck
maksudnya sering dipake ya.... Karimun saya sh emang jarang dipake. Sebulan sekali sh. hehehehhe.....
[/quote]

nah ini dia...., bensin buat panasin mesinnya lebih banyak daripada bensin buat jalan beneran....
coba Oom, kalo panasin mesin, roda depannya didongkrak dan masuk gear 1 aja.
pasti irit deh....
good luck
[/quote]
Ok... ok.... tar saya coba dh....


RE: karimun saya kok boros ya??? - KIOS3R - 04-20-2009 12:03 AM

halo om,, ikutan ngepost yah,,,
mnurut saya yg dibilang om speedymun "olahraga biar keraknya kebuang" tuh italian tuneup om,,,
AFAIK langkah langkahnya adalah

1) kontak ke posisi on (check engine nyala)
2) diemin sekitar 10 detik
3) injek gas pol selama 5 detik
4) detik ke 6 lepas gas n lgs matiin kunci
5) diemin 15 menitan
6) ulangi cara 1) dan 2)
7) starter mobil n bawa ke tol / jalan bebas hambatan
8) geber ampe mendekati redline, lakuin aja terus ampe akhir tol (kalo saya biasanya 30km)
9) istirahatin mobil paling ngga stngah jam atau lebih
10) nikmatilah "new power" anda

(tp buat yang masih pake karbu, cara 3 dan 4 masih diragukan,, salah salah bisa bikin banjir lagi)

sori kalo ada salah kata, semoga bisa membantu


RE: karimun saya kok boros ya??? - M 414 NG - 04-20-2009 07:52 AM

(04-20-2009 12:03 AM)KIOS3R Wrote:  halo om,, ikutan ngepost yah,,,
mnurut saya yg dibilang om speedymun "olahraga biar keraknya kebuang" tuh italian tuneup om,,,
AFAIK langkah langkahnya adalah

1) kontak ke posisi on (check engine nyala)
2) diemin sekitar 10 detik
3) injek gas pol selama 5 detik
4) detik ke 6 lepas gas n lgs matiin kunci
5) diemin 15 menitan
6) ulangi cara 1) dan 2)
7) starter mobil n bawa ke tol / jalan bebas hambatan
8) geber ampe mendekati redline, lakuin aja terus ampe akhir tol (kalo saya biasanya 30km)
9) istirahatin mobil paling ngga stngah jam atau lebih
10) nikmatilah "new power" anda

(tp buat yang masih pake karbu, cara 3 dan 4 masih diragukan,, salah salah bisa bikin banjir lagi)

sori kalo ada salah kata, semoga bisa membantu

YUp.. point 3 dan 4 berpotensi banjir meskipun cuaca cerah .... TongueTongue tapi bentaran doang kok...


RE: karimun saya kok boros ya??? - heru - 04-24-2009 01:11 PM

Kok mm saya boros ya? Itu juga pertanyaan saya beberapa waktu lalu.
Untuk 1.000cc mobil imut, kok dalem kota 1:10 aja sudah sukur-sukur banget. Tapi akhirnya saya maklumi, karena kondisi jalan yang saya lalu mendukung di mm jadi boros.

Sebagai bandingan, mm saya bawa ke bandung, via tol, mulai dari slipi sampai pasteur, RPM berada di 3.000 - 5.000, kecepatan 80 - 110kmh (gak bisa lebih, penumpangnya takut, jadi ada speedlimiter-nya), berangkat tangki full, sampai tempat full lagi, ternyata konsumsi bahan bakar mm masih sanggup 1:18. Lumayan...

Jadi bagi saya, boros atau irit, tergantung kondisi jalannya. Yang penting mesin sehat.


RE: karimun saya kok boros ya??? - ynnob - 04-25-2009 08:06 PM

saya ke bandung kok 1:13??? aaduuuuhhhh


RE: karimun saya kok boros ya??? - yonski - 04-25-2009 11:23 PM

(04-25-2009 08:06 PM)ynnob Wrote:  saya ke bandung kok 1:13??? aaduuuuhhhh

Tenang aja, Oom... saya kalo keluar kota juga paling 1:12... hehehe...


RE: karimun saya kok boros ya??? - KIOS3R - 04-26-2009 10:39 AM

wah om yonski mah cm bsa 1:12 karena udah modif extreme tuh, bensin emang cm 1:12, tp speednya nyaris tak terlihat, hehehe


RE: karimun saya kok boros ya??? - ynnob - 05-02-2009 08:44 AM

Wiks kalo speednya nyaris tak terlihat berarti pelaaaaan banget sampe berhenti... Tongue


RE: karimun saya kok boros ya??? - donqicot - 04-16-2010 06:55 AM

(03-08-2009 12:44 AM)marzy Wrote:  
(03-08-2009 12:15 AM)b4716rg Wrote:  bro atau sis, mau tanya nh. Saya ada karimun tahun 2003. Tp baru jalan 22 ribu. kok bensinny agak boros ya. Dalem kota cuma 1 : 8. Apa benar karena mesinnya masih berat ya?

mohon petunjuknya....

bgini ya om.
saya jg punya karimun taun 2000 waktu pertama beli 1:10, boros kan utk ukuran mobil city car 1000cc?
sy pake pengirit bbm yg d jual dipasaran + coil booster, trs mumun di tune-up ulang + ganti busi juga (busi std).
(ngomong aja ke si tukang bengkel, "ini mobil boros, minta di tune up biar jd irit")
alhamdullilah, skrg bisa 1:13 d dlm kota.
Big Grin

gw ada tips utk menghemat bbm:

EKSTERNAL


3. Gunakan Oli yang Sesuai
Gunakan oli yang sesuai dengan mesin anda, sehingga komponen mesin yang bergerak di dalamnya terlumasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengganti oli sesuai waktu. Untuk Karimun yang direkomendasi dari pabrik adalah SAE10W-40. Soal merek itu cocok-cocokan.

Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim



klo masih boros jg, coba aja beli pengirit bensin yang ada di pasaran ataw coba produk2 octane booster.
octane booster merk tertentu biasanya mengandung zat-zat yang bs ngebersihin mesin & saluran bensin, sehingga otomatis bs jd lebih irit.
di baca aja di kemasannya
hehehe.
oia, klo maw bli pengirit bensin, cari yg udh teruji (merk nya ngetop).
jgn yg asal2an..

hehehhehehe.


let's try!
Wink





Saya sebelumnya pakai 10W-40, tarikan enteng.
tapi pada saat saya ganti oli 5000 km, dari bengkel merekomendasikan utk karimun pakai 15W-40, alasannya mobil yg udah sekitar 10 tahun jangan terlalu pakai yg encer karena malah akan membuat oli mudah menguap. Dan memang pada saat ganti oli, oli yg tersisa sedikit (penguapan yg besar).
Setelah saya ganti oli 15W-40, mesin menjadi lebih berat dan konsumsi bensin menjadi 1:8 (sebelumnya 1:10)
Apakah oli berpengaruh besar terhadap konsumsi bensin..?
Apakah benar mobil tuwir MM sebaiknya menggunakan 15W-40 ?
please share...



RE: karimun saya kok boros ya??? - redy_w - 04-16-2010 08:41 AM

menurut saya pribadi 1:8 or 1:10 itu cuman driving style aja.
Oli nggak pengaruh dominan, beda kekentalan-nya cuman sedikit(lebih dominan klo kita matiin AC daripada oli) Big Grin
yg penting jaga kondisi mesin supaya optimal(kiat2 temen2 di atas, itupun klo ada dollar lebih) dan perhatikan driving style kita, harus-nya 1:9 or 1:10 untuk dalam kota(non jakarta) bisa tercapai

komponen driving style :
jangan sering2 geber dan panteng mobil diatas RPM 3K
usahakan pada presneling yg optimal(mesin nggak ngelitik) dan kisaran RPM 2K-3K
hindari rute2 stop&go

sharing unt saya pribadi :
mobil th 2003, tiap hari PP +/- 35Km
maintenance-nya hanya :
ganti oli+filter tiap 4000-5000Km, pakai shell H5
setiap akhir Km pada waktu akan ganti oli tanki BBM saya tambahin Fuel Cleaner
isi segera BBM setiap level udah 1/3(untuk menghidari karat dalam tanki)
membersihkan pole distributor 1-2 bulan sekali(oksidasi alumunium karena percikan api)
ganti filter udara 1 tahun sekali
tekanan ban 28psi rata depan belakang
semprot carburator dengan carb cleaner klo nggak males...bahkan skr dah jarang.

udah 2 tahun pegang selama ini nggak pernah rewel yg aneh2 dan stabil 1:10 untuk di kota sby(check by trip meter setiap isi 100rb bensin)

selebih-nya ritual cuci mobil 1 minggu sekali sambil ngelus2 bodi mobil berharap nggak nyusahin yg punya Big Grin


RE: karimun saya kok boros ya??? - CHRIS.Hs - 05-22-2010 06:55 PM

Sepertinya kenal dgn masalah bensin boros, udah dibawa ke beres PI tp ttp gak ada perubahan. Belakangan (sejak thn 2010) dibawa ke beres Subud Fatmawati.. wuiiihhh lari kenceng, narik pake gigi 3 yahud, gigi 4 pun masih bisa narik, bensin lumayan irit.

rumah cinere ke kantor bunderan HI 50km pp: sebelum - tiap senin isi full, isi lagi hari rabu 120K
rumah cinere ke kantor bunderan HI 50km pp: setelah - tiap senin isi full, isi lagi Jumat pagi. 140K an
(sorry gak sempet ngitung2 brp banding brp)

gak pernah spt ini sebelum nya.... Wink