Karimun Club Indonesia Forum

Full Version: Radiator Bocor + Bak Oli bocor
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Dear All,
Mumun saya tahun 2003 ,
Saat ini km sudah 57.000,-
selama pemakaian (tgn pertama ) sudah ganti water pump + timing belt.
saat ini penyakit mumun saya adalah radiator bocor ( dibawah mobil ada tetesan hijau / alien blood / air radiator prestone Tongue) + kalau kita liat dikolong bak oli saya diselimuti oli (bocor) .
nah pertanyaannya :
kalau mau benarin ini semua + mau bersihin tangki + saringan bensin +ganti kabel kopling , selain ke beres , bengkel mana yang direkomen (saya tinggal di daerah daan mogot , tangerang. ) , kalau ada yang tahu , perkiraan biaya juga boleh Big Grin
mohon bantuannya rekan-rekan semua.

TERIMA KASIH
sama kyk mumun '00 sy tuh om..
air radiatornya bocor tp bocornya bukan dari radiator..
diliat dr tetesannya sih ad di sebelah kiri deket2 timing belt
pdhl sy jg udh ganti timing belt+water pump bln lalu
blum sy bw ke bengkel jd blm tau ap nya yg bmasalah
Don't Worry Oom, ibarat penyakit manusia dokter bilang biasa...sekedar panas dalam lagian dah musim-nya Big Grin

Masalah Oli bocor :
khusus karimum mesin-nya agak miring ke bawah, kagak 100% berdiri seperti ST100(Suzuki Carry) dan SJ410(Katana)

karena fungsi oli seal sendiri adalah sekedar oli resistance doank(sekedar menahan percikan oli) klo rendaman oli, seal tersebut tidak bisa nahan dan akhir-nya ....tembus dech.

jadi klo diisi oli agak banyakan maybe 3.5 atau 4 liter permukaan oli sudah mendekati as krug, klo mesin muter+kena guncangan otomatis permukaan oli naik dan memungkinkan sekali oli keluar dari as kruk depan sehingga kesannya bak oli bocor.

solusi-nya pada saat buka tutup timing belt ganti sekalian dengan oli seal as kruk depan yg baru(karet cari yg masih fresh Rolleyes jangan yg stok lama supaya bisa tahan lama) ada bengkel yg ditrickie per dalam karet dipotong dikit biar agak ngigit di as kruk-nya but cara ini saja kurang setuju

Selama asap kagak ngebul putih, oli kagak nambah dan kita kagak risih lihat kolong mobil agak jorok dibiarin juga kagak apa2, agak rajin2 aja semprot2 engine cleaner di bagian nampan oli tsb.

Masalah ada tetesan air radiator:

Water Pump Bocor
Hal umum klo kita ganti dengan yg non SGP, pakai SGP aja nggak ada yg bisa jamin awet 3-5tahun atau bertahan s/d 75k-an seumpama ada beres yg bisa njamin awet s/d segitu saya juga mau ganti dengan SGP khusus water pump
mengingat yg non SGP(GMB,Aisin) harganya about 150rb-an dan yg SGP about 450rb-an, toko bilang ada harga ada rupa unt. yg ini saya suggest pakai yg 150rb-an aja.

Kapan lalu saya pakai GMB bertahan 1th, lumayan lah(ritme pemakaian mobil rutin setiap hari, sehari 35Km-an)
Skr ganti lagi merk yg Aisin, belun tahu bisa bertahan s/d kapan

Oh ya, karimun saya th2003 beli KM sudah mencapai 77k dan skr dah 100k lebih sejauh ini masih aman terkendali atau 'delapan anam' menurut keluarga betul2 smal car big fun Big Grin....modalinnya nggak mahal2 amat.
nah pertanyaannya :
kalau mau benarin ini semua + mau bersihin tangki + saringan bensin +ganti kabel kopling , selain ke beres , bengkel mana yang direkomen (saya tinggal di daerah daan mogot , tangerang. ) , kalau ada yang tahu , perkiraan biaya juga boleh Big Grin

Khusus unt. bersihin tangki dan saringan bensin, selama tidak ada keluhan saran saya dibiarin aja Oom mengingat effort-nya juga lumayan.

bersihin tangki tinggal panggil tukang dan bayar, but klo ganti saringan bensin ini bayar-nya agak mahal dikarekanan punya karimun in tank fuel filter&Pump. harganya klo tidak salah 850rb-an CMIIW

kita sifatnya prefentive aja Oom, supaya tangki tidak berkarat jangan biarkan tangki bensin dibawah 75% dalam waktu yang lama, atau klo ngisi bensin jangan menunggu meter mentok ke bawah.

kabel kopling & sekitar-nya juga, selama tidak ada keluhan genjot terus gpp-karimun itu mesinnya bandel Oom hajar ampe abis Big Grin, klo dah mogok di perempatan baru panggil bengkel terdekat dan bongkar wekekekekekekek......(don't try this at your car)
makasih info nya oom redy..
jd masalahnya bocor di water pump ya..
sy servis KM 80rb (ganti oli,tune up,timing belt) di Beres, ganti belt water pump ini :
- belt water pump REP FM -30.5
- belt water pump Y9B REP FM -33
montir nya ga kasih tau sih klo water pump nya hrsnya dganti jg, gak cma belt nya aj Sad
(12-29-2009 07:41 PM)reezkey Wrote: [ -> ]makasih info nya oom redy..
jd masalahnya bocor di water pump ya..
sy servis KM 80rb (ganti oli,tune up,timing belt) di Beres, ganti belt water pump ini :
- belt water pump REP FM -30.5
- belt water pump Y9B REP FM -33
montir nya ga kasih tau sih klo water pump nya hrsnya dganti jg, gak cma belt nya aj Sad

Kalo timing belt itu emang ada patokan umur pemakaian, yaitu sekitar 70 ribuan km sebaiknya diganti. Kalau waterpump sebocornya aja... hehehe...
Masalahnya, ganti waterpump itu mesti bongkar timing belt dulu, jadi biasanya pas ganti timing belt sekalian ganti waterpump, biar ongkos kerjanya nggak dua kali...
Tambahan dikit bagi yg pernah radiator bocor n pernah ngebul uap airnya, coba cek selang by pass antara air masuk dan keluar dibawah intake water/ yg ada sensor panasnya, selang ini kecil tapi kalo dah lama nempel ama body mesin plus kena panas yg berlebihan bisa ngembang dan bocor, selang penggantinya pendek aja plus body dekat selang tsb dilapis ama karet ban spy panas gak merusak selang, harga selang gak mahal cuman 6 rebuan.

salam dr Padang
KCJ 1037
Reference URL's